Ketentuan Pembeli

By Admin Siplah 17 Apr 2020, 01:59:59 WIB

KETENTUAN PEMBELI

Pengguna yang melakukan pembelian Barang (Pembeli) wajib melakukan transaksi sesuai dengan prosedur yang ada di SIPLah.barangebagus.com. Pembeli wajib menggunakan metode pembayaran transfer antar bank, sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. SIPLah.barangebagus.com akan meneruskan dana dari Sekolah kepada Penjual apabila tahapan transaksi jual beli pada SIPLah.barangebagus.com telah berstatus COMPLETED.

Sekolah sebagai Pembeli,

  1. harus memasukkan data Sekolah yang sesuai dengan data Sekolah di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, saat melakukan registrasi Pengguna di SIPLah.barangebagus.com;
  2. bertanggungjawab membaca, memahami dan menyetujui informasi/deskripsi Barang yang dicantumkan oleh Penjual, sebelum membuat tawaran, negosiasi atau komitmen untuk membeli melalui SIPLah.barangebagus.com.
  3. memahami dan menyetujui bahwa ketersediaan stok Barang dapat berubah sewaktu-waktu dan merupakan tanggung jawab Penjual yang menawarkan Barang tersebut. Sekolah diminta untuk memastikan ketersediaan Barang terlebih dahulu dengan Penjual, sebelum melakukan transaksi di SIPLah.barangebagus.com.
  4. Sekolah akan berkoordinasi dengan Penjual melalui fitur Nego dan/atau fitur Komplain yang tersedia di SIPLah.barangebagus.com, untuk menyampaikan pertanyaan, negosiasi harga, ketersediaan Barang, waktu pengiriman Barang, biaya pengiriman, Terms of Payment (TOP) pembayaran serta keluhan, baik sebelum transaksi dilakukan maupun sesudah barang diterima oleh Sekolah.
  5. bertanggung jawab untuk memastikan Barang yang diterima dari Penjual telah sesuai dengan yang dipesan.
  6. Sekolah akan menandatangani BAST (Berita Acara Serah Terima) Barang dan mengunggah BAST yang sudah ditandatangani tersebut ke SIPLah.barangebagus.com. Dengan mengunggah BAST tersebut, maka Sekolah dianggap telah menerima Barang dengan baik dan bersedia melakukan pembayaran sesuai dengan tagihan. PT Bina Mitra Prima (SIPLah.barangebagus.com) tidak bertanggung jawab atas kerugian yang dialami Sekolah apabila melakukan pembayaran yang tidak sesuai dengan jumlah tagihan.
  7. Sekolah akan memenuhi pembayaran sesuai dengan komitmen tanggal pembayaran yang sudah ditentukan saat melakukan pemesanan Barang dan disetujui oleh Penjual. Sekolah memahami dan menyetujui bahwa masalah keterlambatan proses pembayaran dan dikenakannya denda keterlambatan pembayaran (apabila disepakati dengan Penjual) adalah tanggung jawab Sekolah dan bukan merupakan tanggung jawab PT Bina Mitra Prima.
  8. Sekolah akan melakukan pembayaran sesuai tagihan ke nomor rekening yang telah ditentukan dalam SIPLah.barangebagus.com dengan metode pembayaran transfer bank.
  9. Segala transaksi yang dilakukan antara Sekolah dan Penjual selain melalui rekening yang telah ditentukan dalam SIPLah.barangebagus.com dan/atau tanpa sepengetahuan SIPLah.barangebagus.com (melalui fasilitas/jaringan pribadi, pengiriman pesan diluar sistem SIPLah.barangebagus.com dan pengaturan transaksi atau upaya lainnya, seperti melakukan transaksi dengan sistem COD (Cash On Delivery) atau tunai langsung ke Penjual) di luar SIPLah.barangebagus.com adalah TIDAK menjadi tanggung jawab PT Bina Mitra Prima.
  10. Dalam hal terjadinya pengembalian dana dari SIPLah.barangebagus.com ke Sekolah, maka SIPLah.barangebagus.com berhak memotong langsung biaya layanan transfer antar bank sesuai ketentuan bank asal.
  11. Kesepakatan yang terjadi melalui fitur Nego dan/atau fitur Komplain antara pihak Sekolah dan Penjual, bukan menjadi tanggung jawab SIPLah.barangebagus.com maupun PT Bina Mitra Prima. Atas kebijakan sendiri, PT Bina Mitra Prima berhak menggunakan data histori antara Sekolah dan Penjual yang tersimpan di fitur Nego dan/atau fitur Komplain SIPLah.barangebagus.com apabila dikemudian hari diperlukan dan/atau diminta untuk kepentingan Negara.
  12. PT Bina Mitra Prima berwenang mengambil keputusan untuk meneruskan segala permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik antara Penjual dan Sekolah, dengan bukti-bukti yang ada kepada pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Pengawas PBJ Sekolah. Keputusan yang diambil oleh Pengawas PBJ Sekolah merupakan keputusan akhir bagi permasalahan yang dihadapi oleh Sekolah dan Penjual, yang harus ditaati.